get app
inews
Aa Read Next : Kecewa pada Pemerintah, Massa Buruh Bakar Spanduk Bergambar Jokowi

Wow ! Harta Karun Freeport Indonesia Jumlahnya 20 Kali Lipat dari Saat Ini kata Jokowi

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 20:59 WIB
header img
Presiden Jokowi mengatakan, 'harta karun' tembaga dan emas yang dimiliki Freeport Indonesia jumlahnya bisa lebih dari 20 kali lipat dari yang ada saat ini. (Foto: Raka Dwi Novianto/MPI)

JAKARTA, iNews.id - Tambang PT Freeport Indonesia di Papua diketahui sebagai salah satu tambang emas terbesar di dunia. Diperkirakan cadangan emas Grasberg, bagian dari Freeport, mencapai 106,2 juta ons. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, 'harta karun' tembaga dan emas yang dimiliki Freeport Indonesia jumlahnya bisa lebih dari 20 kali lipat dari yang ada saat ini.

Jokowi teringat dengan kisah pemerintah Indonesia dan PT Freeport Indonesia beberapa tahun lalu. Pada saat itu, Freeport Indonesia kerap tidak patuh terhadap permintaan pemerintah yang dengan terang-terangan meminta mereka membangun fasilitas pemurnian (smelter). "Dulu Freeport bertahun-tahun perintah untuk bikin smelter saja tidak pernah didengerin. Tapi begitu Freeport 51 persen milik BUMN, tahun lalu smelter saya perintah untuk dibangun karena mayoritas milik kita sudah dibangun di Gresik, nanti kita lihat tembaga smeltering ini berapa," ujar Jokowi dalam sambutannya di Silatnas dan Ulang Tahun ke-19 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) di Sentul Convention Center, Bogor, Jumat (5/8/2022).

Jokowi pun meyakini 'harta karun' yang dimiliki Freeport Indonesia jauh lebih besar daripada yang dimiliki saat ini. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan di dalam negeri, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Saya meyakini bisa 20 kali, kadang tidak saja bahan mentah bukan tembaga, tapi emas juga kita kirim. Mana kita tahu? Nanti smelternya jadi emasnya mungkin lebih banyak dari tembaganya tapi kita belum tahu karena ada produksi di smelter," kata dia. Seperti diketahui, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, induk Freeport Indonesia, mengungkap bahwa cadangan (proven+probable) untuk emas Freeport Indonesia secara keseluruhan 29,08 juta troy ons. Artinya, emas yang sudah dikeduk oleh Freeport sejak pertama kali menambang tahun 1970 bisa dibilang sebanyak itu. 

Jumlah itu masuk akal, sebab berdasarkan data Freeport Indonesia yang diungkap tahun lalu, pada periode 2011 hingga 2021 atau satu dekade, sekitar 14 juta ton emas dihasilkan dari tambang Gressberg Freeport.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut