get app
inews
Aa Read Next : Berkunjung Ke Belanda Presiden Zelensky Minta Jet Tempur F-16: Untuk Lindungi Rakyat dari Rusia

Dibantu Senjata Barat, Ukraina Mulai Sesumbar Ingin Hancurkan Armada Laut Hitam Rusia

Selasa, 19 Juli 2022 | 22:46 WIB
header img
Kapal perang Angkatan Laut Rusia merapat di Pelabuhan Sevastopol, Krimea, 8 Mei 2014. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id – Ukraina sedang bersiap untuk menghancurkan Armada Laut Hitam Rusia dan merebut kembali Krimea dengan bantuan persenjataan dari Barat. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Volodymyr Havrylov, Selasa (19/7/2022). 

Di tengah kunjungannya ke Inggris, Havrylov mengatakan, Ukraina sedang membangun kemampuan rudal antikapalnya dan sedang menunggu untuk menerima senjata jarak jauh dari negara lain sebelum meluncurkan serangan. Selama beberapa waktu terakhir, Inggris sendiri telah menjadi tempat pasukan Ukraina menjalani pelatihan militer secara intensif.

“Kami menerima kemampuan antikapal. Cepat atau lambat kami akan menargetkan armada itu (Armada Laut Hitam Rusia),” kata Havrylov dalam sebuah wawancara dengan The Times. “Hal itu tidak dapat dihindari karena kami harus menjamin keamanan bagi rakyat kami,” ujarnya

Havrylov menuturkan, Ukraina sedang mendiskusikan dengan negara-negara Barat ihwal kemungkinan menggunakan senjata yang telah mereka pasok untuk menyerang Krimea. Menurut dia, Kiev juga harus memutuskan apakah akan merebut Krimea dengan cara diplomatik atau militer.

“Rusia harus meninggalkan Krimea jika mereka ingin tetap eksis sebagai sebuah negara,” kata Havrylov mengancam. Pada pertengahan Juli, juru bicara intelijen pertahanan Ukraina, Vadym Skibitsky mengatakan, Kiev dapat menggunakan rudal jarak jauh AS untuk melakukan serangan ke Krimea.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut