Terlihat Terbang Agak Rendah, Inilah Detik-Detik 2 Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan

Avirista Midaada, Evan Pay
Detik-Detik 2 Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan (Foto: Twitter)

PASURUAN, iNewsBelu.id - Warga di sekitar lokasi kejadian mengungkap detik-detik sebelum pesawat terbang TNI Angkatan Udara (AU) jatuh, Kamis pagi (16/11/2023). Saat itu tampak dua pesawat yang terbang beriringan di sekitar Pegunungan Tengger Pasuruan. 

Ghofur, salah satu warga Dusun Keduwung, Desa Jimbaran, menyatakan, bila dua pesawat ini melintas agak rendah di sekitar area desanya. Saat itu dia tengah beraktivitas bercocok tanam.

“Ada dua pesawat iring-iringan sekitar jam 11 pagi,” ujar Ghofur, warga Puspo kepada (16/11/2023). Ghofur mengungkapkan, saat pesawat ini melintas, terasa agak panas. Kedua pesawat itu memang terlihat milik TNI AU dengan tampak nomor ekornya terbang rendah.

“Terbang agak rendah dikit,” katanya. Ditambahkan kemudian, karena terbang agak rendah ini membuat Ghofur bisa melihat jelas pesawat ini. Senada dengan Junaidi, warga lain mengungkapkan sempat melihat empat pesawat yang terbang beriringan.

“Iya tadi lihat terbang rendah di situ, keliatannya empat, nggak tau tapi yang jatuh,” kata Junaidi. Dia mengungkap, sesaat kemudian dua pesawat itu jatuh di perkebunan milik warga. Satu pesawat bahkan sempat meledak dan mengeluarkan api.  

"Ada bunyi ledakan dan api muncul dari badan pesawat, warga waktu itu mau mendekat memastikan ada orang atau nggak, terus muncul ledakan dan api itu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan dua pesawat TNI AU jenis Super Tucano terjadi di perbukitan Pegunungan Tengger tepatnya di Dusun Keduwung, Desa Jimbaran, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan. Kedua pesawat ini bersama dua pesawat lainnya tengah menjalani latihan formasi terbang dari Lanud Abdulrahman Saleh Malang, pada Kamis pagi (16/11/2023) sekitar pukul 10.51 WIB.

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network