Usai Sholat Jumat di Masjid Nabawi Banyak Jemaah Haji Indonesia Tersesat

Maruf El Rumi, Evan Payong
Momen sholat Jumat di Masjid Nabawi tidak disia-siakan jemaah haji 2023 asal Indonesia. (Foto ilustrasi/MPI).

MADINAH, iNewsBelu.id - Momen sholat Jumat di Masjid Nabawi tidak disia-siakan jemaah haji 2023 asal Indonesia yang sudah berada di Madinah. Dengan antusias mereka pergi menunaikan sholat untuk kali pertama di Tanah Suci. 

Masalah muncul karena tidak semua jemaah haji 2023 paham, hapal dan tahu nama serta  lokasi hotel tempat mereka menginap. Banyak jemaah terutama lansia yang tersesat karena tidak tahu jalan kembali ke hotel. Ada pula yang terpisah dari rombongan atau keluarga. 

Seperti Sidi Munarah yang tersesat di pintu 338 atau Engkos Budi Ibrahim terpisah dari rombongan di pintu 333 kloter JKS. Ada juga jemaah tersesat dari Jakarta, Taryono. Selain lupa jalan pulang, taryono juga tidak membawa alat komunikasi serta kehilangan alas kaki.  Seorang ibu dari embarkasi Surabaya Satima Matuddin menolak diantar ke hotel dan memilih menunggu temannya di pintu 338. Kendala lain, dia tidak terlalu fasih bahasa Indonesia.

Pengalaman lain dialami salah satu jemaah yang terpisah dengan istrinya. Jemaah asal Makassar bernama Irsyad tersebut menunggu istrinya di depan pintu masjid kurang lebih satu jam. Jemaah lain Harmugi juga terpisah dengan istrinya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network