Waduh! Tangkis Serangan Ukraina di Kharkiv Rusia Klaim Bunuh 220 Tentara Musuh

Ahmad Islamy Jamil
Kondisi Kota Kharkiv, Ukraina, beberapa hari setelah diserang Rusia pada awal Maret lalu. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsBelu.id – Aksi saling serang terus terjadi antara pasukan Rusia dan Ukraina, atas insiden ini pasukan Rusia mengklaim berhasil menangkis semua serangan tentara Ukraina dalam pertempuran di sekitar Kota Kupyansk, Wilayah Kharkiv, akhir pekan ini. Moskow pun menyebut lebih dari 220 tentara Ukraina telah dilenyapkan.  

“Musuh, menggunakan kekuatan dua batalion yang diperkuat ke arah Kupyansk, mencoba menyerang Desa Pershotravneve dan Yahidne di wilayah Kharkiv,” ungkap Kementerian Pertahanan Rusia, dalam pernyataannya pada Sabtu (8/10/2022), seperti dikutip kantor berita Sputnik.

Menurut pernyataan itu, semua serangan pasukan Ukraina berhasil dihalau oleh tentara Rusia. Lebih dari 100 prajurit Ukraina, dua tank, lima kendaraan tempur infanteri dan empat mobil dihancurkan. 

Sementar aitu, sebanyak 110 petempur Ukraina lainnya dibunuh Rusia di pemukiman Petropavlivka. Kemhan Rusia menambahkan, lebih dari 30 pejuang Ukraina, tiga kendaraan tempur infanteri, dan lima truk pikap dihancurkan militer Rusia di dekat Kota Lyman.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengkalim pasukannya telah merebut kembali hampir 2.500 km persegi wilayah yang diduduki Rusia. Itu adalah total luas daerah yang direbut tentara Ukraina dalam serangan balasan yang dimulai sejak akhir bulan lalu.

Luas tersebut hampir setara dengan empat kali luas Ibu Kota Jakarta. “Minggu ini saja, tentara kami membebaskan 776 km persegi wilayah di timur negara kami serta 29 pemukiman, termasuk enam permukiman di wilayah Luhansk,” kata Zelensky. “Secara total, 2.434 kilometer persegi tanah kami dan 96 permukiman telah dibebaskan sejak awal operasi ofensif ini,” ujarnya dalam pidato harian yang dibagikan di media sosial, Jumat (7/10/2022).

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Rusia Tangkis Serangan Ukraina di Kharkiv, Klaim Bunuh 220 Tentara Musuh ", 

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network