Daniel Dalu Ritan Anak Yatim asal NTT Jadi Siswa Terbaik Dikmata Marinir 2022, Inilah Perjuangannya

Kurnia Ilahi
Prajurit Dua (Prada) Marinir Daniel Dalu Ritan telah menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) XLI TA 2022. (Foto: Dok. TNI).

JAKARTA, iNews.id - Prajurit Dua (Prada) Marinir Daniel Dalu Ritan telah menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) XLI TA 2022. Daniel berhasil menyisihkan 248 siswa lainnya untuk meraih predikat siswa terbaik menjadi seorang prajurit petarung Korps Marinir yang siap membela bangsa dan negara. 

Dikutip dari laman TNI, Daniel dilahirkan di Malaysia, 26 April 2000 merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Ayahnya bernama (Alm) Dominikus Dadu Ritan dan ibunya bernama Fransiska Sabu Mare. 

Saat berusia dua tahun Dominikus Sabumare memboyong keluarganya kembali ke Larantuka, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Setelah pindah ke NTT, tidak lama kemudian ayahnya meninggal dunia. Saat itu, keluarganya dalam keadaan kurang mampu, sehingga ibunya terpaksa meninggalkan anak-anaknya untuk mengadu nasib menjadi asisten rumah tangga di negeri jiran Malaysia.  

Saat ditinggal sang ibu ke Malaysia, pengasuhan anak-anak diambil alih oleh kakak kandung Daniel yang baru saja menamatkan sekolah dasar (SD). 

Sang kakak setelah lulus SD memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi karena harus berjuang sebagai ayah dan ibu untuk mengasuh serta mencari makan bagi adik-adiknya yang masih membutuhkan figur kasih sayang dari orang tua.   Kakak Daniel bekerja serabutan untuk bertahan hidup, termasuk  memotong rumput dipinggir jalan atau pekerjaan lainnya jika ada yang meminta jasanya.  

Saat adik-adiknya sakit terkadang Kakak Daniel harus berjuang mencari obat berupa dedaunan di hutan untuk mengobati adik-adiknya yang sakit.  Di saat senggang mereka pergi ke hutan mencari kayu bakar untuk dijual di kota. Bila beruntung, di hutan mereka bisa menangkap hewan liar untuk dikonsumsi sebagai penambah protein hewani.

Sementara itu, pendidikan Daniel dimulai di taman kanak-kanak Rosa Delima di Desa Lamika, kemudian SD Katholik Lamika hingga SMPN Demon Pagong. Daniel kemudian melanjutkan tingkat pendidikan menengah atas di SMA Katholik Bhaktyarsa Maumere, Sikka, NTT.  Setelah tamat SMA, Daniel memutuskan mendaftar menjadi prajurit TNI Angkatan Laut (AL). Daniel akhirnya lulus seleksi setelah mengikuti tes terakhir di Lapetal Malang. Daniel kini sebagai Prada Marinir ingin melanjutkan kariernya menjadi prajurit intai amfibi. Dia juga berharap kelak bisa kembali bertemu ibunya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network