Inilah 5 Penyanyi NTT yang Sukses Berkarir di Industri Musik, Nomor 4 Rilis Lagu dengan Dialek Maume

Inas Rifqia Lainufar
Penyanyi NTT yang sukses berkarir di industri musik (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kisah sederet penyanyi NTT yang sukses berkarir di industri musik Indonesia berikut begitu inspiratif. Berangkat dari provinsi yang jauh dari ibukota, mereka mampu membuktikan kiprahnya di belantika hiburan tanah air. 

Bukan kaleng-kaleng, para artis ini memang memiliki kualitas suara yang sangat baik hingga mampu mengantarkan mereka di puncak karier seperti saat ini. Kisah mereka sekaligus membuktikan bahwa Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan provinsi yang mampu mencetak penyanyi-penyanyi ternama di Indonesia.

Lantas, siapa saja penyanyi NTT yang sukses berkarir di industri musik Indonesia? Berikut ini adalah ulasannya yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber (14/7/2022). 

Penyanyi NTT yang sukses berkarir di industri musik 

1.Marion Jola

Marion Jola merupakan penyanyi profesional jebolan Indonesian Idol musim ke-9. Dikenal memiliki suara yang seksi dengan paras cantik, dara 22 tahun ini ternyata lahir dan besar di Kupang, NTT.

Berbagai single dan album telah ia rilis, yang mana beberapa diantaranya merupakan kolaborasi dengan penyanyi ternama, seperti Rayi Putra, Rizky Febian, Danilla Riyadi, dan Ramengvr. Penyanyi asal Inggris, Liam Payne bahkan pernah mengundangnya ke showcase bertajuk ‘Here’s to the Future’. Tak berhenti di situ, ia bahkan berhasil menyabet berbagai penghargaan ternama, diantaranya berasal dari Billboard Indonesia Music Awards 2020 dan  Mnet Asian Music Award (MAMA) Korea Selatan 2018.

2.Andmesh Kamaleng 

Berawal dari menjadi pemenang di ajang menyanyi Rising Star Indonesia (2016), nama Andmesh Kamaleng kini begitu diperhitungkan di industri musik tanah air. Bukannya meredup, karier pria kelahiran Alor, NTT, 15 April 1997 ini justru semakin bersinar setelah didapuk menjadi pemenang dalam ajang menyanyi tersebut. Berbagai single yang telah ia rilis begitu meledak di pasaran, diantaranya adalah Jangan Rubah Takdirku (2017), Single Cinta Luar Biasa (2018), Cinta Luar Biasa (2019), Kumau Dia (2019), Nyaman (2019), dan Hanya Rindu (2019). Ia pun mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi dari karya-karyanya tersebut, yakni dari Billboard Indonesia Music Awards 2020, Anugrah Music Indonesia 2019 sebagai Artis Solo Pria Pop Terbaik, dan Mnet Asian Music Awards 2019 sebagai Best Asian Artist Indonesia.

3.Mario Gerardus Klau 

Lahir di Maumere, NTT, 21 Mei 1998, Mario Gerardus Klau mengawali karier di industri musik nasional dengan mengikuti ajang menyanyi The Voice Indonesia (2016). Setelah berhasil menyabet gelar juara, kariernya di dunia musik semakin bersinar. Lagu-lagunya yang berjudul Sepanjang Hidupku, Terima Kasih, dan Tak Selamanya Indah mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Tak hanya menyanyi, Mario Gerardus Klau juga begitu berbakat dalam menciptakan lagu. Beberapa lagu populer yang ia ciptakan adalah ‘Pesan Terakhir’ yang dibawakan oleh Lyodra dan ‘Tak Ingin Usai’ yang dinyanyikan oleh Keisya Levronka.

4.Dian Sorowea 

Nama Dian Sorowea langsung melejit ketika lagu ‘Karna Su Sayang’ yang ia bawakan viral. Lagu tersebut kerap menjadi backsound berbagai video yang dibuat kreator konten di sejumlah platform media sosial. Meskipun memakai dialek Maumere, penggemar lagu ini berasal dari berbagai daerah di luar NTT. Berkat popularitas lagunya tersebut, gadis kelahiran Maumere, NTT, 14 Desember 2001 ini menyabet penghargaan dari AMI Awards sebagai Lagu Berbahasa Daerah Terbaik. Dian Sorowea bahkan sempat diundang oleh Presiden Jokowi untuk bernyanyi di Istana Negara.

5.Ronaldo Longa 

Ronaldo Longa merupakan penyanyi asal Flores, NTT yang bersinar setelah menyabet gelar juara dalam kontes menyanyi, The Voice Indonesia (2018). Di tahun 2019, ia diketahui merilis lagu berjudul ‘Sumpah Cintaku’ yang mendapatkan banyak respon positif dari publik. Jauh sebelum menjadi penyanyi ternama seperti sekarang,  Ronaldo Longa ternyata pernah manggung di kafe, restoran, atau acara pernikahan. Namun berkat kegigihannya, ia mampu membuktikan kemampuannya dalam bidang tarik suara. Nah, itulah lima penyanyi NTT yang sukses berkarir di industri musik Indonesia. Manakah yang merupakan penyanyi favoritmu?



Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network