get app
inews
Aa Read Next : Sadis! Korban Tewas di Jalur Gaza, Mencapai 34.000 Jiwa

Akibat di Bombardir Israel Penerbangan Komersial Bandara Internasional Suriah, Dihentikan

Sabtu, 11 Juni 2022 | 21:00 WIB
header img
Israel melancarkan serangan udara ke Bandara Internasional Damaskus. (Foto: Reuters)

DAMASKUS, iNews.id - Israel melancarkan serangan udara ke Bandara Internasional Damaskus. Akibatnya, infrastruktur dan landasan pacu utama bandara mengalami kerusakan signifikan.  

Kementerian Perhubungan pada Sabtu (11/6/2022) merinci tingkat kerusakan serangan udara Israel yang terjadi pada Jumat (10/6/2022). Landasan pacu utama bandara rusak parah di beberapa lokasi. Serangan itu juga menghantam gedung terminal bandara kedua. 

Media Suriah melaporkan, sebelumnya pemerintah menangguhkan semua penerbangan ke dan dari bandara Damaskus. Kementerian mengonfirmasi, semua penerbangan ditangguhkan karena beberapa peralatan teknis berhenti berfungsi di bandara. Bandara ini terletak di selatan ibukota Damaskus. Di wilayah ini, aktivis oposisi Suriah mengatakan milisi yang didukung Iran aktif dan memiliki depot senjata.

Israel telah bertahun-tahun melakukan serangan di daerah itu, termasuk pada 21 Mei lalu. Akibat serangan itu, kebakaran terjadi di dekat bandara yang menyebabkan penundaan dua penerbangan.  Serangan tersebut merupakan serangan udara pertama yang menyebabkan kerusakan hingga memiu penangguhan penerbangan di bandara.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris sekaligus pemantau perang oposisi mengatakan, serangan Jumat pagi Israel menghantam tiga depot senjata milisi yang didukung Iran di dalam bandara. Landasan pacu utara di fasilitas itu rusak seperti juga menara observasi. Observatorium menambahkan, landasan pacu utara merupakan satu-satunya yang berfungsi setelah serangan Israel tahun lalu merusak landasan pacu selatan.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut