get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Ekstrem, ASDP Tutup Pelayaran di NTT Sementara

Usai Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Delapan Kelurahan di Kota Lubuklinggau

Senin, 27 September 2021 | 10:13 WIB
header img
Banjir bandang landa delapan kelurahan di kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan, Minggu (26/9/2021). (Foto: Antara)

LUBUKLINGGAU, iNews.id - Banjir bandang melanda delapan kelurahan di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Minggu (26/9/2021). Banjir akibat meluapnya Sungai  Kelingi menyusul hujan deras sejak Sabtu (25/9/2021) malam. 

"Delapan kelurahan itu termasuk Wira Karya, Muara Enim, Tanjung Aman, Jogoboyo, Lubuklinggau Utara II, Puncak Kemuning, Moneng Sepati, Karya Bakti, dan Dempo," kata Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Ansori, Minggu (26/9/2021). 

Menurut dia, banjir bandang itu berasal dari luapan air Sungai Kelingi usai hujan deras sejak Sabtu (25/9/2021) malam. "Dampak dari banjir bandang ini rumah warga banyak yang rusak dihantam derasnya air yang membawa material pohon tumbang dan bebatuan sungai," ujarnya.

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, TNI/Polri kota Lubuklinggau sudah disiagakan di wilayah yang terendam banjir tersebut.

Mereka sudah disiagakan sejak Minggu dini hari tadi, beserta peralatan penunjang seperti perahu karet dan pelampung untuk mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Hingga berita ini diturunkan banjir bandang sudah berangsur surut, namun tim evakuasi di lapangan tetap waspada sebab, hujan masih berlangsung dengan intensitas kecil. Sejauh ini belum ditemukan korban jiwa maupun kerugian material akibat bencana tersebut. 

"Untuk kerugian akibat banjir bandang ini belum diketahui. Saat ini personel di lokasi masih melakukan pendataan terhadap warga," katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut