get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! 8 Imigran Asal Rohingya Berhasil Diamankan Polres Belu di Desa Takirin Tastim

Curi Start, 4.025 Anak dan Balita di Belu Sudah Terima Suntikan Campak Rubela

Kamis, 19 Mei 2022 | 12:13 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, drg Ansilla Eka Mutty.

ATAMBUA, iNews.id - Meskipun baru sehari di canangkan oleh Bupati belu pada Rabu, (18/05/2022). Namun capaian imunisasi yang sudah dilakukan oleh dinas Kesehatan sudah mencapai empat ribu dua puluh lima orang, hal ini sengajaa dilakukan guna mengejar capaian yang sudah di tergaetkan dalam sebulan mencapai 47.230 orang anak.

Kadis kesehatan kabupaten Belu drg Ansilla Eka Mutty mengatakan meskipun Walaupun hari ini Rabu kemarin baru dilakukan pencanangan BIAN tingkat Nasional, Provinsi NTT maupun Belu, tetapi Dinkes Belu telah melakukan imunisasi anak sejak 6 Mei 2022 lalu. Karena dalam bulan Mei ini banyak hari liburnya sehingga perlu dilakukan awal untuk mengejar ketertinggalan.

" Meskipun secara Nasional baru dilakukan pencanangan pada rabu kemarin namun Dinas Kesehatan kabupaten Belu sudah lebih dulu melakukan imunisasi hal ini guna mengejar ketertinggalan," ujar Kepala Dinas Kesehatan.

Dalam pencanangan BIAN ini terdapat dua imunisasi yakni imunisaai kejar dan tambahan. Khusus imunisasi tambahan yakni MR(Campak-Rubela) yang diwajibkan bagi anak usia 9 bulan hingga 12 tahun. Sedangkan imunisasi kejar dilakukan bagi anak-anak yang belum menerima imunisasi lengkap tanpa memandang usia. 

"Contoh ada anak yang belum menerima imunisasi DPT saat lahir maka saat ini bisa menerimanya. Karena mereka lahir saat pandemi covid-19. Begitu juga imunisasi Polio bisa diberikan saat pencanangan BIAN ini," ungkapnya.

Lanjutnya bahwa setelah memulai BIAN pada 6 Mei lalu, Dinkes Belu telah melakukan imunisasi Campak Rubela pada 4025 anak, imunisasi DPT, HE, HIB 125 orang, oral Polio 16 orang dan polio suntik 7 orang. 

"Dinkes Belu mencuri star dan tidak menunggu pencanangan BIAN karena takut tidak terkejar. Karena sasaran imunisasi anak di Belu banyak yakni 47.230 orang. Apalagi pernah ditemukan 1 kasus difteri di Halilulik dan belakangan diperiksa hasilnya sudah negatif," Kata  drg Ansila.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut