get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Brimob Bentrok Dengan TNI AL di Pelabuhan Kota Sorong, 5 Anggota Terluka

Bentrokan dalam Penjara Kembali Terjadi, 20 Orang Tewas Mengenaskan

Selasa, 05 April 2022 | 20:31 WIB
header img
Bentrokan mengerikan antargeng terjadi dalam penjara Ekuador. (Foto: Reuters)

QUITO, iNews.id - Bentrokan mengerikan antargeng terjadi dalam penjara Ekuador. Sebanyak 20 orang tewas dan lima tahanan luka parah.  

Menteri Dalam Negeri Ekuador, Patricio Carrillo pada Senin (4/4/2022) mengatakan, bentrokan terjadi di Turi, sekitar 310 kilometer (190 mil) selatan ibukota Ekuador, Quito pada Minggu (3/4/2022). Para anggota geng menggunakan senjata dan pisau saat bentrokan terjadi. 

Lebih detail, Carrillo mengatakan, sebanyak lima korban tewas dimutilasi, enam orang digantung, dan satu diracun selama bentrokan.  Sekitar 1.000 personel polisi dan militer bekerja untuk mengendalikan kerusuhan. Kini, aparat telah sepenuhnya menguasai kembali lembaga pemasyarakatan. 

Berbicara kepada Radio Demokrasi, Carrillo mengaitkan kerusuhan itu dengan ekonomi kriminal dan hubungan dengan politik. Sayangnya, dia tak menjelaskan lebih lanjut.

Komandan polisi, Jenderal Carlos Cabrera pada konferensi pers mengatakan, pihak berwenang melakukan pencarian blok demi blok di penjara. Sebuah video dimana terdengar adanya suara seperti tembakan dan teriakan disiarkan oleh media berita lokal.  

Bulan lalu, Amnesty International mengatakan, setidaknya 316 tahanan tewas dalam konfrontasi di penjara Ekuador pada 2020. Sebanyak 119 di antaranya tewas dalam kerusuhan September. Pemerintah di masa lalu menyalahkan konfrontasi pada geng narkoba yang terkait dengan kartel Meksiko.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut