get app
inews
Aa Read Next : Jalankan Program Presiden Terpilih, Ini Harapan Bupati Belu Dalam Pemberian Makan Bergizi Gratis

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat, Dinkes Belu Launching Integrasi Layanan Primer

Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:20 WIB
header img
Asisten 1 setda Belu di dampingi kadis kesehatan , kepala BBP4D dan Inspektorat hari ini melakukan launching Integrasi Layanan Primer (ILP) Puskesmas, ditandai dengan penekanan tombol, Selasa, 22/10/2024/.

BELU, iNewsBelu.id - Pemerintah Kabupaten Belu hari ini melakukan launching Integrasi Layanan Primer (ILP)  Puskesmas,  hal ini dilakukan guna pendekatan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang bertujuan untuk memastikan tingkat kesehatan dan kesejahteraan setinggi mungkin dan pemerataannya dengan berfokus pada kebutuhan masyarakat dan sedini mungkin dari promosi kesehatan dan pencegahan penyakit hingga penanganan terhadap semua siklus hidup secara baik.

Asisten 1 Setda Belu Niko Umbu mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten  Belu, kami sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat melalui  Kementerian Kesehatan yang terus berkomitmen melakukan Transformasi Kesehatan  secara menyeluruh untuk memperkuat sistem Kesehatan di Indonesia dan bisa meneruskan nya kepada kita yang di daerah.

Secara umum ini sangat membantu karena semua terintegrasi  karena dulu hanya program sekarang sudah berbasis kluster.

" Terimakasih kepada Dinas Kesehatan yang sudah menginisiasi kegiatan ini  maka pada hari ini dengan disaksikan oleh semua perwakilan  kepala puskesmas kita melakukan Launching layanan Transformasi Layanan Primer (ILP) termasuk dalam salah satu dari 6 (enam) pilar transformasi kesehatan, dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas bagi seluruh penduduk Indonesia, baik individu maupun masyarakat," Ungkap Niko Umbu.

Pelayanan primer kesehatan diakui merupakan pendekatan kepada seluruh masyarakat yang bertujuan untuk memastikan tingkat kesehatan dan kesejahteraan mencapai setinggi mungkin dan pemerataannya dengan fokus pada kebutuhan masyarakat dan sedini mungkin sepanjang kontinum dari promosi kesehatan dan pencegahan penyakit hingga pengobatan, rehabilitasi dan perawatan paliatif, dan sedekat mungkin dengan lingkungan sehari-hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu drg Ansilla Ekka Mutty menjelaskan Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan bagian paling penting dalam melakukan transformasi sistem kesehatan di layanan primer. Dimana Transformasi Layanan Primer merupakan salah satu Transformasi dari 6 pilar Transformasi Kesehatan, dimana 6 pilar inilah yang merupakan dasar dari pelaksanaan layanan Kesehatan di Indonesia termasuk Kabupaten Belu.  ILP telah mulai diterapkan di beberapa Kabupaten di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat bekerja sama dengan organisasi pendukung lainnya. Tujuan utama dari ILP adalah untuk meningkatkan cakupan dan jangkauan intervensi layanan primer.

" Kadinkes juga Menjelaskan Pelayanan prima adalah suatu pelayanan terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain pelayan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan. Dan itu bisa dicapai dengan ILP Puskesmas. Dan untuk kabupaten belu sudah ada 9 puskesmas yang sudah dinyatakan memenuhi syarat, dan kita akan terus melakukan pembenahan dan target kita di tahun 2025 semua puskesmas di kabupaten belu sudah ILP dan ini semua demi pelayanan kesehatan masyarakat belu yang lebih baik," Katanya. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut