get app
inews
Aa Read Next : Perlintasan Ditutup saat Paus Fransiskus Pimpin Misa di Dili Pangkogabwilhan Tinjau PLBN Mota'ain

Sah, Paulus Budi Kleden SVD Ditunjuk Paus Fransiskus Jadi Uskup Agung Ende 

Senin, 27 Mei 2024 | 10:03 WIB
header img
Uskup Agung Ende terpilih Pater Paulus Budi Kleden SVD. (Foto: Istimewa)

ENDE, iNewsBelu.id - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus resmi mengangkat Pater Paulus Budi Kleden SVD sebagai Uskup Keuskupan Agung Ende. Dia menggantikan Mgr Vincentius Potokota yang telah wafat.

Vikaris Jenderal (Viksen) Keuskupan Agung Ende RD Yosef Daslan Moang Kabu mengumumkan langsung pengangkatan uskup baru tersebut, Sabtu (25/5/2024)

"Bapa Suci telah mengangkat Pater Paulus Budi Kleden SVD yang saat ini sedang menjabat Superior Jenderal Serikat Sabda Allah sebagai Uskup Agung Metropolitan Ende yang baru," kata RD Daslan dalam siaran langsung di YouTube Komsos Keuskupan Agung Ende.

Paulus Budi Kleden SVD lahir pada 16 November 1965. Uskup Agung terpilih Keuskupan Agung Ende ini sebelumnya Superior Jenderal Serikat Sabda Allah (SVD) sejak tahun 2018. 

Pater Budi Kleden bergabung ke dalam SVD pada tahun 1985. Dia mengikrarkan kaul perdananya pada tahun 1987 dan kaul kekalnya pada tahun 1992. Kleden ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1993. 

Setelah ditahbiskan menjadi imam SVD, Pater Budi ditempatkan di Swiss sejak tahun 1993 hingga 1996. Pater Budi Kleden mengambil studi teologi di Universitas San Gabriel, Austria. 

Pater Budi Kleden melanjutkan studi doktoralnya di bidang teologi sistematik di Jerman dari tahun 1996 hingga 2000. Setelah dari Swiss, barulah Pater Budi ditempatkan ke Ledalero, Indonesia. Dia terpilih menjadi Anggota Dewan Provinsialat SVD di Provinsi SVD Ende dari tahun 2005-2008.

Pater Budi Kleden mengajar sebagai dosen filsafat dan teologi di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, Maumere, NTT, yang kini berganti nama menjadi IFTK Ledalero. Selain itu, dia adalah pengamat sastra dan kritikus sosial dalam beberapa mata kuliah khusus di sekolah tinggi tersebut.

Hingga saat ini, Pater Budi Kleden sudah menulis lebih dari 12 judul buku dalam bidang teologi, sosial dan filsafat. Dia juga sering menulis artikel-artikel bertema sosial dan menjadi pembicara dalam berbagai seminar dan diskusi ilmiah publik di dalam maupun di luar negeri.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut