get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Longsor di Kabupaten Ende Ibu dan Anak Tertimbun, 1 Orang Tewas

Breaking News! Gunung Ile Lewotolok Di NTT Kembali Meletus Tinggi Abu Capai 500 Meter

Selasa, 14 November 2023 | 08:38 WIB
header img
Gunung Ile Lewotolok berstatus waspada kembai erupsi.

LEMBATA, iNewsBelu.id - Gunung ile lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur kembali meletus pagi tadi tinggi abu vulkanik mencapai 500 meter di atas mulut kawah.

Pos pemantau gunung api (PGA) Ile lewotolok melaporkan melaporkan erupsi gunung api ile lewotolok kembali terjadi dan terekam di Seismogram dengan aplitudo maksimum 36.5 MM dan durasi lebih kurang 2 menit 27 detik.


Pantauan iNews tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 meter diatas puncak 2.023 meter diaats permukaan laut. kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong kearah barat laut dan ancaman bahaya erupsi masih jauh dari lokasi pemukiman.

Hingga saat ini aktivitas ile lewotolok masih level B Level II waspada, para pengunjung, pendaki dan wisatawan saat ini dilarang untuk tidak memasuki dan melakukan aktivitas didalam area gunung dengan radisu dua kilo meter.

Warga yang berada di tega desa yakni Desa  Lamawolo, Lama Tokan, dan desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran ataw longsoran lava dana wan panas dari bagian timur puncak gunung.


 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut