get app
inews
Aa Read Next : Terkini, Gempa M5,7 Guncang Bayah Banten

Nepal Diguncang Gempa Magnitudo 5,6, 54 Orang Tewas

Sabtu, 04 November 2023 | 09:53 WIB
header img
Ilustari gempa bumi, foto iNews.id

KATHAMANDU, iNewsBelu.id - Gempa bumi kuat mengguncang distrik-distrik barat laut Nepal, Jumat (3/11/2023) tengah malam. Setidaknya 54 orang tewas dan puluhan lainnya terluka. 

Melansir dari AFP, Sabtu (4/11/2023), Otoritas Nepal menyatakan jumlah korban diperkirakan akan terus meningkat karena komunikasi terputus di banyak tempat.

Gempa ini terjadi ketika banyak orang sudah tidur di rumah mereka dan dirasakan hingga ke ibu kota India, New Delhi, lebih dari 800 kilometer jauhnya. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, gempa bumi ini memiliki magnitudo awal 5,6 dan terjadi pada kedalaman 33 km. Pusat Pemantauan dan Penelitian Gempa Bumi Nasional Nepal mengatakan bahwa pusat gempa berada di Jajarkot, sekitar 800 km di sebelah timur laut dari ibu kota Nepal, Katmandu.

Gempa ini menewaskan setidaknya 28 orang di distrik Rukum, banyak rumah runtuh. Tiga puluh orang terluka telah dibawa ke rumah sakit setempat, kata Bhattarai. Di distrik tetangga Jajarkot, 26 orang dinyatakan tewas.

Gempa bumi sering terjadi di Nepal yang mempunyai daerah berbukit. Gempa bumi dengan magnitudo 7,8 pada tahun 2015 menewaskan sekitar 9.000 orang.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut