get app
inews
Aa Read Next : Siap Bertarung Sebagai Cawabup, EBA Mendaftar ke Partai Gerindra ini Reaksi Ketua DPC Malaka

Gempa NTT M7,5, Kepala BPBD Flores Timur: Belum Ada Laporan Kerusakan

Selasa, 14 Desember 2021 | 12:08 WIB
header img
Gempa NTT M7,4 memicu kepanikan di Maumere, Flores (Foto: Reuters)

LARANTUKA, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 7,4 mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021) pukul 10.20 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tsunami. Sebelumnya BMKG menyebut kekuatan gempa M7,5 namun dimutakhirkan menjadi 7,4. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Maluku, NTT, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Gempa memicu kepanikan warga di Flores. "Semua orang berlarian ke jalan," kata Agustinus Florianus, warga Kota Maumere, Flores.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur di Larantuka Alfons Hada Betan mengatakan, pihaknya belum menerima adanya laporan kerusakan. Namun gempa dirasakan beberapa menit yang membuat warga panik berlarian dari rumah.

Sementara itu berdasarkan kabar yang beredar di media sosial ada beberapa bangunan rusak di kepulauan, namun belum ada informasi soal korban dari gempa yang bertitik pusat dekat Pulau Flores tersebut. Sementara itu Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Amerika Serikat menyatakan, berdasarkan parameter awal gempa bumi, gelombang tsunami mungkin terjadi di pantai-pantai yang terletak dalam radius 1.000 km dari pusat gempa. Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan gempa bermagnitudo 7,6 namun memutakhirkannya menjadi 7,3.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut