get app
inews
Aa Read Next : 9 Orang Terluka Akibat Serangan Zat Kimia di London

Inggris Vs Kroasia Piala Eropa 2020: Tiga Singa Pede Menang Main di Kandang

Minggu, 13 Juni 2021 | 13:48 WIB
header img
Timnas Inggris akan menghadapi Kroasia di laga perdana Grup D Piala Eropa, Minggu (13/6/2021) pukul 20.00 WIB. (Foto: iNews.id/Reuters).

WEMBLEY, iNews.id – Timnas Inggris bertemu tim tangguh di laga perdana Grup D Piala Eropa 2020. Malam ini pukul 20.00 WIB, Pasukan Tiga Singa (Three Lions) bakal bentrok menghadapi Kroasia di Stadion Wembley.

Inggris diselimuti rasa percaya diri tinggi. Bukan apa-apa, Harry Kane dkk akan memulai kampanye perdananya di kandang. Tak hanya itu, anak asuh Gareth Southgate ini juga mencatatan rekor tanpa celah di kualifikasi.

Selain itu, hasil positif di dua laga uji coba semakin membuat Phil Foden dkk makin percaya diri menghadapi Kroasia. Namun, sejarah tidak berpihak ke Timnas Inggris.

Sepanjang keikutsertaan di Piala Eropa, Tiga Singa selalu kesulitan di laga pembuka. Dari sembilan kali mentas di Piala Eropa, Inggris belum pernah menang di laga pembuka. Rekor Inggris di laga pembuka yakni lima kali imbang dan empat kali kalah.

Pelatih Inggris Southgate sepertinya sadar betul dengan hal itu. Terlebih, Inggris akan menghadapi negara yang mengalahkannya di semifinal Piala Dunia 2018.

"Kami jelas mengalami kekecewaan di Moskow. Kami memiliki dua pertandingan yang sangat dekat sejak saat itu,” kata Southgate dikutip dari laman resmi UEFA, Sabtu (12/6/2021).

“Mereka tim yang sangat berpengalaman, dengan pemain luar biasa, mentalitas hebat, semangat luar biasa, dan kemampuan beradaptasi secara taktis, jadi mereka benar-benar tantangan besar bagi kami untuk pertandingan pertama kami," ujarnya.

Di sisi lain, Kroasia ingin mengulang momen indah mengalahkan Tiga Singa di turnamen besar seperti tahun 2018 lalu. Namun, upaya itu bakal tidak mudah tahun ini.

Inggris tahun ini dipenuhi pemain muda berbakat. Tak hanya itu, Kroasia mencatatkan rekor kurang baik di enam laga terakhir.

Kroasia menang 2 kali, imbang 1 kali dan kalah 3 kali. Kroasia hanya diuntungkan oleh sejarah Inggris yang kurang baik di laga pembuka.

PERKIRAAN PEMAIN:

INGGRIS (4-2-3-1): Pickford; Shaw, Mings, Stones, Trippier; Phillips, Rice; Grealish, Mount, Sterling; Kane.
Pelatih: Gareth Southgate.

KROASIA (4-2-3-1): Livakovic; Barisic, Caleta-Car, Vida, Vrsaljko; Brozovic, Kovacic; Perisic, Modric, Rebic; Petkovic.
Pelatih: Zlatko Dalic.

Rekor Lima Pertemuan Terakhir:

18/11/2018, Nations League, Inggris 2-1 Kroasia
13/10/2018, Nations League, Kroasia 0-0 Inggris
12/07/2018, Piala Dunia, Kroasia 2-1 Inggris
10/09/2009, Kualifikasi Piala Dunia, Inggris 5-1 Kroasia
11/09/2008, Kualifikasi Piala Dunia, Kroasia 1-4 Inggris

Prediksi: 55:45

Editor : Zen Teguh

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut