get app
inews
Aa
Read Next : Kabupaten Alor NTT Diguncang Gempa M4,8

BMKG Sebut Curah Hujan Meningkat di Bulan November dan Desember 2021, Masyarakat Diminta Waspada

Sabtu, 06 November 2021 | 16:36 WIB
header img
BMKG mengingatkan masyarakat curah hujan akan meningkat signifikan di bulan November dan Desember 2021. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteoroligi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan di bulan November dan Desember 2021 di Indonesia meningkat bila dibanding bulan sebelumnya. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk waspada akan ancaman banjir dan bencana lainnya. 

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan tren curah hujan di Indonesia meningkat sejak bulan Oktober 2021 di sejumlah wilayah.

"Di November sejumlah wilayah juga sudah memasuki musimnya sementara wilayah lain transisi musim atau pancaroba. Wilayah yang sudah memasuki musim (penghujan) itu sekitar 20 sampai 30 persen," ujarnya dalam Talk Show MNC Trijaya FM, Sabtu (6/11/2021).

Menurut dia, semua pihak harus mewaspadai ancaman bencana yang ditimbulkan dari curah hujan yang meningkat di berbagai wilayah. 

"Bulan Desember adalah salah satu puncak musim (hujan), lebih banyaknya di Januari dan Febuari 2022. Langkah yang dibuat BMKG adalah membuat prediksi cuaca untuk disampaikan ke masyarakat," ucapnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut