get app
inews
Aa Read Next : Goooolll Egy Maulana, Garuda Unggul 1-0 Atas Vietnam

Prediksi Timnas U-23 Indonesia Vs Australia: Garuda Muda On Fire, Siap Hajar Kanguru

Senin, 25 Oktober 2021 | 08:27 WIB
header img
Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G di Central Republican Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021). (Foto: PSSI)

DUSHANBE, iNews.id - Prediksi Timnas U-23 Indonesia vs Australia U-23 menarik untuk diulas. Kedua tim bersua pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G di Central Republican Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB. 

Pertandingan memang sengaja digelar dua leg. Sebab dua kontestan Grup G lainnya yakni China dan Brunei Darussalam mengundurkan diri karena pandemi Covid-19. 

Dengan demikian Garuda Muda harus tampil mati-matian melawan Australia dalam dua leg yang digelar demi mendapatkan tiket putaran final Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Jelang menghadapi Negeri Kanguru, Timnas Indonesia diselimuti percaya diri tinggi. Tim asuhan Shin Tae-yong itu sedang on fire. Sebelumnya mereka memetik dua kemenangan pada pertandingan uji coba melawan Tajikistan U-23 (2-1) dan Nepal U-23 (2-0).

Winger Timnas Indonesia Witan Sulaeman menilai dua kemenangan tersebut menjadi modal positif sebelum menghadapi Australia.  

"Tentu ini modal yang bagus untuk Timnas Indonesia U-23, dua kemenangan ini modal yang bagus sebelum lawan Australia U-23," kata Witan seperti dilansir Youtube PSSI TV. 

"Laga ini juga penting melihat kekompakan kami agar lawan Australia U-23 lebih baik lagi karena saya berharap Timnas Indonesia U-23 bisa bermain di Piala Asia U-23," tambah pemain Lechia Gdansk tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong juga punya catatan positif melawan Australia. Menurut Transfermarkt, dia telah dua kali bersua Timnas Australia U-23 saat masih menangani Timnas Korea Selatan U-22.

Dalam dua laga uji coba itu, pelatih berusia 51 tahun tersebut berhasil membawa Korea Selatan menyapu bersih kemenangan dengan skor 2-0 dan 2-1. Kedua pertandingan itu digelar pada Oktober 2015.

Tentu Shin Tae-yong diharapkan bisa mengulangi catatan tersebut bersama Timnas Indonesia U-23. Tapi sayangnya Garuda Muda tak bisa diperkuat dua pilar yang bermain di luar negeri, Egy Maulana Vikri dan Syahrian Abimanyu. Egy Maulana harus kembali ke FK Senica, sedangkan Syahrian pulang ke Malaysia bergabung dengan Johor Darul Ta'zim. 
Meski demikian Indonesia masih punya penggawa yang berkarier di luar Indonesia seperti Witan (Lechia Gdansk), Amiruddin Bagus Kahfi (FC Utrecht), Natanael Siringo (Kelantan FC) dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners).

Di sisi lain Australia U-23 membawa skuat yang berbeda dari Olimpiade Tokyo 2020. Meski demikian sang pelatih sementara Trevor Morgan, memastikan tetap membawa pemain yang bisa meladeni kekuatan Timnas Indonesia. 

"Sebagian besar para pemain yang terpilih telah bermain di Liga Australia. Saya percaya setiap kesempatan dalam tim nasional bakal memengaruhi perkembangan para pemain," tutur Morgan yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik Asosiasi Sepak Bola Australia (FA) dikutip dari Socceroos.

Australia sendiri di Olimpiade Tokyo 2020 tersingkir pada penyisihan grup. Meski demikian mereka sempat mengalahkan Argentina yang bisa dibilang sebagai tim kuat. Timnas Indonesia U-23 wajib main solid dan ekstra hati-hati jika ingin mengalahkan Australia. Witan dan kolega harus memanfaatkan leg pertama ini dengan kemenangan sebelum jumpa pada pertemuan kedua, Jumat (29/10/2021).

(4-3-3): Muhammad Riyandi, Bayu M Fiqri, Muhammad Firly, Komang Tri, Irsan Lestaluhu; Beckham Putra, Rachmat Irianto, Gunansar Mandowen; Witan Sulaeman, Rabbani Tasnim, Natanael Siringoringo

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut