get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Alor NTT Diguncang Gempa M4,8

Waspada Gelombang Tinggi 3,5 Meter di Perairan NTT Ini Penjelasan BMKG:

Senin, 27 Juni 2022 | 12:35 WIB
header img
Ilustrasi gelombang tinggi (Antara)

KUPANG, iNews.id - Warga Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta waspada dengan munculnya gelombang tinggi 3,5 meter. Peringatan itu dikeluarkan Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

"Potensi gelombang tinggi berkisar 2,5-3,5 meter perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi, Minggu (26/6/2022).

Dia menambahkan, gelombang 3,5 meter yang berpeluang melanda perairan laut di NTT selama tiga hari ke depan hingga 28 Juni. Syaeful menyebutkan, sejumlah titik perairan yang berpeluang dilanda gelombang tinggi yaitu Selat Sumba bagi barat, Laut Sawu bagian selatan, Samudera Hindia di selatan Sumba-Sabu dan selatan Kupang-Rote serta perairan selatan Kupang-Rote.

"Potensi gelombang tinggi ini, perlu diwaspadai operator kapal terutama kapal feri karena dapat membahayakan keselamatan pelayaran," katanya.

Selain itu, sejumlah titik perairan lain juga berpeluang dilanda gelombang 1,25-2,5 meter yaitu Selat Sumba bagian timur, Laut Sawu bagian utara, Selat Alor-Pantar dan perairan utara Kupang-Rote.

"Potensi gelombang ini juga perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal tongkang maupun perahu nelayan," katanya. Lebih lanjut Syaeful Hadi menjelaskan sementara kondisi sinoptik menunjukkan pola angin di bagian selatan Indonesia dominan bergerak dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan berkisar 10-25 knot.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut