Ikut UKW Dewan Pers dan IJTI, Ini Kesan Jurnalis di NTT

Dion Umbu Ana Lodu
.
Kamis, 14 Oktober 2021 | 05:30 WIB
Pra Jurnalis Televisi foto bersama dengan Team penguji dari Dewan Pers dan Anggota IJTI Pusat usai ujian Kompetensi jurnalis di Hotel Aston, Kupang,(13/10/2021)

KUPANG, iNews.id – Puluhan jurnalis di NTT dari sejumlah media ikut serta dalam kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Dewan Pers dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di Aston Hotel, Kupang, Selasa (12/10/2021) hingga Rabu (13/10/2021).

“Kami dari media online sekira 30-an orang yang ikut. Ada juga rekan-rekan wartawan dari media televisi. Dengan UKW ini, tentu sangat membantu kami meningkatkan kapasitas sebagai peliput dan pewarta,” ujar Yongky Malelek, salah satu wartawan peserta UKW, Rabu (13/10/2021).


Dia mengapresiasi panitia pelaksanaan yang menggelar UKW sekalipun di masa pandemi Covid-19. 


"Saya lihat prokes dijalankan dengan ketat. Kami peserta harus terlebih dahulu ikut rapid antigen, jika negatif baru boleh ikut. Selain itu tentu wajib kenakan masker serta cuci tangan sebelum dan setelah keluar ruangan,” katanya. 


Dion Umbu, satu-satunya peserta UKW dari Pulau Sumba mengaku kegiatan ini sekaligus merefresh (menyegarkan) kembali segala hal terkait kinerja jurnalistik.


 “Ada sekitar 12 atau 15 orang kami wartawan TV yang ikut. Kembali kami diingatkan tentang pentingnya pemahaman dan penerapan kode etik jurnalistik dalam melakukan aktivitas sebagai pekerja media. Ini baru salah satunya saja, banyak hal yang kami dapatkan dari para penguji baik dari Dewan Pers maupun IJTI,” kata Dion bersama Sefnath Besie, Fabianus Benge, Eman Suni dan Stev Payong, rekan-rekannya sesama jurnalis televisi di NTT.
 

Editor : Stefanus Dile Payong
Bagikan Artikel Ini