Roda Jatuh, Pesawat Mendarat dengan Posisi Hidung Timpa Aspal

Anton Suhartono
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 00:13 WIB
Pesawat Red Air terbakar setelah roda depannya terlepas saat akan mendarat di bandara Miami, AS. (Foto: Twitter)

MIAMI, iNewsBelu.id - Peristiwa mengerikan terjadi di Bandara Internasional Miami, Florida, Amerika Serikat, Selasa (21/6/2022) sore waktu setempat. Roda pesawat Red Air jatuh saat mendarat. 

Roda yang jatuh ke landasan pacu berada di bagian depan sehingga pesawat terpaksa mendarat dengan posisi hidung menimpa aspal. Gesekan itu memicu kebakaran hebat.

Juru bicara bandara Greg Chin mengatakan pesawat itu mengangkut 126 orang saat kecelakaan terjadi. Tiga orang penumpang mengalami luka ringan, namun harus dibawa ke rumah sakit.

Pesawat nahas tersebut berangkat dari Bandara Internasional Las Americas di Republik Dominika.

Video saat kejadian beredar luas di internet. Tampak kobaran api melalap bagian depan pesawat serta petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkannya.

Dinas pemadam kebakaran dan tim penyelamat Miami-Dade dalam keterangannya Twitter menyatakan api dengan cepat berhasil dipadamkan. Setelah itu tim first responden berupaya mengurangi tumpahan bahan bakar.

Belum diketahui penyebab sampai roda pendarat bisa jatuh di landasan. Kecelakaan ini masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Bandara Internasional Miami merupakan titik transfer utama penumpang terutama dari negara Amerika Tengah dan Latin. Setiap hari bandara yang berdiri sejak 1928 itu mengoperasikan lebih dari 1.000 penerbangan yang dilayani oleh 80 maskapai.

Editor : Stefanus Dile Payong
Bagikan Artikel Ini